Peringati 10 Muharram, Masyarakat Desa Ini Buat Lemang


Arie Perdana Putra 2017-09-30 10:07:40 Muara Enim 37 kali

Kegiatan Melemang di Desa Karang Raja. (foto : ist)

Muara Enim, Kabar28.com,- Dalam rangka memperingati 10 Muharam 1439 H sebanyak 2200 Kelapa Keluarga (KK) Karang Raja membuat 200 lemang.  Tradisi Tahunan melemang ini digelar di kampung V Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim Jum'at Malam (29/09/2017).

Tradisi  memasak lemang tersebut menggunakan ketan putih maupun ketan hitam yang dimasukkan ke dalam bambu, kemudian dibakar mengunakan bara api.

Konon menurut legenda tradisi Melemang tersebut merupakan tradisi yang selalu diperingati setiap 10 muraham, waktu yang tepat untuk kumpul bersama untuk menjalin tali silaturahmi antar saudara pendiri kampung yang biasa dipanggil Puyang Tamblang.

Sekda Muara Enim H. Hasannudin mengatakan, tradisi melemang seperti ini jangan sampai hilang, sebab ini merupakan adat istiadat para leluhur nenek moyang kita dulu.

"Dengan adanya tradisi seperti ini sangat bagus untuk menarik banyak wisatawan, tradisi ini harus dilestarikan karena merupakan khasanah budaya yang harus kita jaga,'' harapnya

Sementara itu, Kades Karang Raja Marsisyani mengucapakan terimakasih kepada masyarakat Karang Raja yang telah melestrikan budaya tersebut dan telah bersusah payah agar acara ini dapat terlaksana dengan baik.

"Kalau tradisi dapat dipertahankan siapa tahu kedepanya dapat menjadi obyek wisata yang ditunggu oleh para wisatawan," ujarnya. (app/rel)

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close