Posyandu Tak Hanya Fokus Pada Kesehatan Ibu dan Anak


Junaedi Abdillah 2017-05-09 17:22:39 Ogan Ilir 46 kali

Ketua TP PKK OI, Hj Meli Mustika saat memberikan pengarahan dalam Lomba Posyandu dan PHBS Tingkat Provins Sumsel di Desa Sukamulya, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir. (foto : arie)

Indralaya, Kabar28.com,- Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Sukamulya, Kecamatan Indralaya Utara wakili Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam Lomba Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketua TP PKK Kecamatan Indralaya Utara, Yeni Jamhuri mengatakan, ada sepuluh indikator sebagai evaluasi, yakni persalinan tenaga kesehatan dengan Bidan atau Dokter, memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada Balita, menimbang Balita setiap bulan serta menggunakan air bersih.

"Selain itu mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi setiap bulan, mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, memberantas jentik nyamuk di rumah, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari serta mengkonsumsi makanan yang bergizi," bebernya.

Lanjutnya, saat ini TP PKK Indralaya Utara sudah melaksanakan berbagai pelayanan kesehatan seperti Posyandu Balita, Lansia, Bina Keluarga Balita (BKB), Kesehatan Lingkungan (Kesling), PAUD, dan UP2K. "Alhamdulillah atas peran serta masyarakat, banyak mendapat kunjungan bayi, balita dan lansia yang datang ke Posyandu", tutupnya.

Sementara itu Ketua TP PKK OI, Hj Meli Mustika mengungkapkan, kegiatan Posyandu saat ini tidak hanya terfokus pada kesehatan ibu dan anak, gizi atau KB saja. "Tetapi sudah berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan terintegrasi dengan pelayanan lainnya, seperti BKB, PAUD, Posyandu Lansia, PHBS, Pertanian dan lain sebagainya," bebernya.

Wanita yang menjabat sebagai anggota DPRD OKI ini juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir tentu sangat mendukung upaya meningkatkan fungsi Posyandu.

"Sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan wadah untuk mendekatkan pelayanan. Semoga dengan penilaian ini, tim penilai juga berkenan untuk memberikan saran dan masukan yang berarti bagi peningkatan Posyandu dalam pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir," pungkasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close