Jenis Karotenoid Ini Bisa Tangkal Penyakit Degeneratif


Mutiara Safitri 2017-03-11 21:15:12 Kesehatan 13 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Bogor, Kabar28.com,- Orang kerap menunda untuk pergi ke dokter ketika ia merasa keluhannya sudah reda. Kecenderungan orang untuk menunggu rasa sakit atau menunggu rasa sakitnya reda, merupakan kebiasaan yang harusnya diperbaiki. Hal ini terkait dengan masalah penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular.

Menurut Prof Gatot Susilo Lawrence, MSc, SpPA(K), DFM, SpF, FESC, MD, PhD, seorang ahli patologi mengatakan, langkah terbaik melalui upaya preventif. Menunggu rasa sakit muncul dan pergi ke dokter bukanlah langkah terbaik.

"Biasanya kita rasakan terlebih dulu sakit. Kita jangan tunggu rasa, sakit, jangan tunggu rasa enak dulu. Kalau tunggu rasa itu salah," tegas Prof Gatot dalam seminar bertemakan 'Cegah Penyakit Degeneratif dengan Astaxanthin' di Gunung Geulis Cottage, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/3/2017).

Ia menjelaskan, ketika penyakit degeneratif mulai menyerang, paparan stres oksidatif dan inflamasi (peradangan) terjadi di dalam sel. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung, penumpukan plak, arterosklerosis, maupun serangan jantung.

Stres oksidatif ini dapat dicegah dengan mudah lewat konsumsi makanan yang mengandung astaxanthin. Jenis karotenoid ini mengandung nilai antioksidan yang tinggi dan menekan stres oksidatif tubuh.

"Astaxanthin ini dapat ditemukan di alam. Warnanya merah, larut dalam lemak, dan ada pula yang berasal dari laut," jelas Dr Iyer Balasubramaniam Krishnaswami, MBBS, seorang Medical Adviser asal India.

Lalu di manakah kita bisa menemukan astaxanthin? Ia mengatakan, kandungan ini amat mudah ditemukan di dalam wortel, tomat, ikan salmon, udang, dan rumput laut merah. Mengonsumsi makanan tersebut secara rutin mampu mencegah perkembangan penyakit degeneratif.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close