148.066 Peserta Lolos SBMPTN 2017


Mutiara Safitri 2017-06-12 20:27:44 Pendidikan 73 kali

Mohammad Nasir (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com-   Sebanyak 148.066 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru. 

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir, dibanding 2016, tahun ini ada peningkatan jumlah peserta yang diterima menurut kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek). Di mana peserta Saintek yang diterima sebanyak 61.015. Sedangkan peserta sosial hukum (Soshum) yang diterima 59.714 orang.

Untuk peserta kelompok campuran yang diterima sebanyak 27.337 peserta. "Tahun ini peserta Saintek lebih mendominasi dibanding Soshum. Selain jumlah peserta, nilai rataannya juga lebih tinggi dibanding Soshum," kata Nasir di kantornya, Senin (12/6).

Dia menyebutkan, ada 10 PTN dengan nilai rataan diterima tertinggi untuk kelompok ujian Saintek. Yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) nomor urut satu. Disusul Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Ur‎utan kelima Universitas Airlangga (Unair),‎ kemudian Padjadjaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS). Dan, terakhir UPN Veteran Yogyakarta.

‎Sedangkan dari kelompok ujian Soshum, 10 PNS dengan nilai rataan diterima tertinggi adalah UI. Kemudian berturut-turut UGM, ITB, UNPAD, Unair, UNDIP, Unbraw, UPN Veteran Yogyakarta, UNS, dan Universitas Jenderal Soediman (Unsoed).

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close