10 Jurusan Kuliah yang dengan Lulusan Bergaji Tertinggi


Lia Cikita 2017-03-17 20:03:22 Ekonomi 30 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Pada usia berapakah kamu mulai ambil ancang-ancang menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil? Memilih jurusan kuliah enggak bisa dianggap enteng.

Karena, sedikit banyak periode hidupmu satu ini akan menentukan kehidupan dewasamu. Enggak mau kan, menghabiskan waktu 4 tahun, bisa juga lebih, yang berujung sia-sia?

Berikut 10 jurusan kuliah yang lulusannya bergaji tinggi seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Teknik Pertambangan

Lulusan teknik pertambangan biasanya sih akan menjadi orang lapangan. Alias, mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi. Mulai dari berlian hingga minyak bumi. Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Prospek kerja: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.

2. Teknik Material dan Metalurgi

Jurusan satu ini mungkin agak asing namanya. Bidang kerja lulusan satu ini, berkaitan erat dengan Pertambangan. Bedanya, Teknik Material dan Metalurgi lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka, lho!

Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.


3. Teknik Perkapalan

Teknik Perkapalan bisa juga disebut Arsitek Kapal! Kamu akan menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

Prospek kerja: Industri maritim atau gas dan minyak, Badan klasifikasi nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.


4. Teknik Nuklir

Di antara kamu ada yang ingin mengikuti jejak Prof. rer. Nat Evvy Kartini, salah satu ahli nuklir dunia? Berkecimpung di teknik nuklir, kamu akan mengakrabi prinsip-prinsip fisika nuklir.

Di dunia kerja, ilmu ini diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.   

Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, pembangkit listrik tenaga nuklir.

 

Sumber : liputan6.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close