Gaya Hidup Sehat Kebelet Pipis ditengah Macet


Lia Cikita 2017-03-11 15:01:42 Gaya Hidup 31 kali

Ilustrasi Toilet Umum ( Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Mudah-mudahan kita tidak pernah terjebak dalam kondisi seperti ini. Di tengah kemacetan jalanan Jakarta, lalu lintas tak bergerak, tiba-tiba hasrat buang air muncul.

Namun, situasi ini rupanya jamak menimpa warga yang sehari-hari beraktivitas di Ibu Kota. Pilihan paling umum dilakukan adalah menahan kencing sampai menemukan tempat untuk membuangnya.

Entah itu di stasiun pengisian bahan bakar umum, minimarket, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, hotel, atau gedung perkantoran.

Pasalnya toilet umum di tepi jalan, seperti yang banyak tersedia di berbagai negara di Eropa, Australia, atau kota-kota maju Asia lainnya, sangat sulit ditemui di Jakarta. Akhirnya toilet-toilet di tempat-tempat tadi menjadi toilet umum.

Selain jumlahnya tak banyak, kondisi di banyak toilet umum di Jakarta pun sering kali tidak memadai. Kotor, bau, tidak terawat, adalah kesan umum toilet yang kita temui di pasar, terminal, stasiun, taman, hingga tempat-tempat wisata.

Dalam jajak pendapat yang pernah dilakukan Litbang Kompas pada Oktober 2016, warga mengeluhkan sulitnya mencari toilet umum di berbagai fasilitas umum.

Kebanyakan warga kota juga menyiasati sendiri cara membuang hajat ini saat dalam kondisi darurat. Karyawan swasta, Vonny Pawitra, misalnya, secara khusus menyediakan toilet portabel untuk anak-anaknya.

Toilet itu bisa dilipat dan disimpan di jok belakang mobil. Masih berderet cara menyiasati urusan kebelet pipis, termasuk menggunakan berbagai produk kreatif.

Presiden Asosiasi Toilet Indonesia Naning Adiwoso menyebut masih lemahnya peran pemerintah dalam mengkampanyekan kebersihan toilet umum. “Isu toilet tidak dipandang seksi. Disebutnya hanya sebagai kamar kecil atau kamar belakang, masih dianggap remeh. Padahal toilet adalah cermin peradaban bangsa,” kata Naning.

Meskipun ketersediaan maupun kebersihan toilet umum masih menjadi pekerjaan rumah yang besar, kesadaran untuk menghadirkan toilet yang beradab sudah mulai muncul.

Beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta seperti Mall Grand Indonesia menghadirkan toilet premium dengan standar higienis yang sangat tinggi.

Tak hanya bersih, toilet-toilet di pusat perbelanjaan ini dihadirkan dengan mengadopsi keindahan.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close