Mau Maju Pilkada? Calon Pemimpin Muda Harus Miliki "Modal"


Arie Perdana Putra 2017-12-11 19:53:11 Palembang 46 kali

M. Irwansyag saat menerima penghargaan, (foto : ist)

PALEMBANGKabar28.com,- Pengamat Politik Universitas Sriwijaya (Unsri), Andreas Leonardo mengatakan, kemunculan calon pemimpin muda di sejumlah pilkada merupakan hal positif untuk perkembangan daerah. 

"Saat ini Sumsel membutuhkan pemimpin muda, mengingat tantangan global di zaman milenium ini membutuhkan pemimpin yang memiliki kreatifitas, stamina dan sumber daya untuk menggerakkan birokrasi dan melayani masyarakat, serta mampu menciptakan inovasi dalam membuat kebijakan publik," katanya.

Dilanjutkan Andreas, pemimpin yang dibutuhkan saat ini ialah mampu memahami tugas pokoknya bukan berdasarkan faktor usia. Siapapun bisa memimpin asal dia paham tugas pokok dan fungsinya. 

"Jadi Kepala Daerah itu bukan pekerjaan gampang, bagaimana mengatur dan melakukan reformasi birokrasi, memberikan pelayaan publik kepada masyarakat, sehingga tujuan dari pemeritah daerah itu tercapai. Intinya, siapapun dia termasuk tokoh-tokoh muda saya pikir punya peluang untuk meminpin asal mempunyai kompetensi, dalam konteks ini memiliki kapabilitas yang baik untuk bekerja," ungkapnya.

Menanggapi kemunculan sosok muda seperti M. Irwansyah ia menilai sosok Irwansyah memiliki potensi untuk maju pada Pilgub Sumsel tahun 2018 mendatang. Hanya saja, ia mengingatkan para calon pemimpin muda harus memiliki pengalaman kerja, baik di birokrasi maupun organisasi lainnya dengan didukung popularitas dan elektabilitas yang baik.

"Ada tiga yang harus diperhatikan para calon pemimpin muda. Pertama tokoh-tokoh itu harus memiliki pengalaman kerja, baik di birokrasi maupun organisasi lainnya, kemudian untuk memenangkan pilkada butuh popularitas, kita bisa bekerja tapi tidak populer itu akan sia-sia. Ketiga, aspek elektabilitas, yakni bagaimana masyarakat untuk memilihnya, ini perlu strategi khusus dikaitkan dengan kondisi masyarakat," beber dia. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close