5 Makanan Buka Puasa yang Cepat Pulihkan Energi


Lia Cikita 2018-05-17 16:34:52 Gaya Hidup 29 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Ya, kita tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, walaupun tidak diperbolehkan makan atau minum sampai waktu berbuka tiba. Oleh karena itu, wajar bila tubuh merasa lemah dan lemas.

Untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang, dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Makanan sehat apa saja yang mampu memulihkan energi setelah puasa?

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah paling populer selama bulan puasa. Bentuknya yang kecil, berwarna merah kecoklatan, dan manis ini sangat cocok untuk dijadikan makanan buka puasa. Mengapa?

Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa.

Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini, nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Itulah sebabnya makan kurma saat berbuka bisa memberikan stamina setelah seharian berpuasa.

Bukan hanya itu, kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu

Tahukan kamu madu bisa jadi pengganti gula? Saat membuat teh manis, madu bisa dijadikan pengganti gula yang biasanya sering dipakai.

Bahkan, madu dipandang lebih baik dalam hal kesehatan dibanding dengan gula atau pemanis buatan lainnya.

Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

Selain gula alami, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Pisang

Buka puasa tidak selalu dilakukan di rumah, kamu pasti pernah buka puasa di jalan. Nah, pisang bisa jadi makanan efektif untuk berbuka.

Selain mudah dimakan, kandungan pisang yang sebagian besar terdiri dari serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa bisa jadi pendongkrak energi.

Selain itu, pisang juga mampu membuat kenyang lebih lama dan tentunya sehat untuk pencernaan karena teksturnya yang lembut. Bahkan, kandungan kalium pada pisang membantu tubuh menurunkan tekanan darah.

4. Ubi jalar

Selain rasanya yang manis, ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi memulihkan tubuh dari kelelahan.

Bahkan, dilansir dari Dr. Axe, ubi jalar bisa ditambahkan sebagai menu makanan diet untuk pasien diabetes.

Walaupun rasanya manis, kandungan serat pada ubi jalar membantu memperlambat penyerapan gula sehingga mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Selain itu kandungan antioksidan pada ubi jalar mendukung kesehatan otak, sama seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya.

5. Apel

Apel menjadi buah yang aman untuk dimakan selama diet. Walaupun rendah kalori, apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi.

Air, vitamin B, kalium, dan zat besi yang terkandung pada apel memengaruhi fungsi jantung dan otot sehingga membantu memulihkan energi setelah puasa.

Kita bisa menikmati berbagai makanan yang telah disebutkan dengan berbagai cara. Contohnya, dengan membuat kolak yang berisi pisang dan ubi. Atau, membuat jus apel dengan madu sebagai penambah energi.

Agar lebih praktis, kini juga tersedia madu yang sudah mengandung kurma, sehingga kita bisa mendapatkan kebaikan madu dan kurma langsung dalam satu kemasan.

Campuran madu dan kurma ini bisa diminum langsung atau ditambahkan pada teh untuk berbuka, untuk dengan cepat mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close