Mensos Minta Permainan Tradisional Indonesia Segera Dipatenkan


Lia Cikita 2018-05-04 21:44:43 Nasional 30 kali

Mensos Idrus Marham (Foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Mensos Idrus Marham meminta permainan tradisional Indonesia bisa segera dipatenkan. Idrus tak ingin permainan tradisional Indonesia diklaim negara lain.

"Ini perlu segera kita hak patenkan karena di beberapa negara, ini (permainan tradisional) sudah dilakukan kajian. Sebutlah misalnya Jepang, ini sudah dikaji sedemikian rupa," ujar Idrus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018).

"Oleh karena itu, kita sampaikan tadi, ini perlu ada tindak lanjut dengan kebijakan-kebijakan Mendikbud, bagaimana permainan ini betul-betul kita mainkan kembali di seluruh tanah air. Ya perlu ruang-ruang, para kepala daerah, kota se-Indonesia itu perlu disiapkan," bebernya.
Selain itu, Idrus berharap permainan tradisional ini kembali digalakkan. Pemerintah pusat hingga daerah diminta untuk ikut andil.

Salah satu hal yang melatarbelakangi menggalakkan permainan tradisional Indonesia karena Presiden Joko Widodo tidak ingin anak-anak zaman sekarang hanya terpaku bermain gawai. Oleh sebab itu, budaya sportivitas hingga kerja sama dalam permainan sesuai dengan Nawacita Jokowi.

"Kita mencoba mengaitkan salah satu visi nawacita Presiden, yaitu revolusi mental dalam rangka untuk membangun karakter generasi muda Indonesia," ujarnya.

"Permainan tradisional Indonesia ini adalah menjadi instrumen yang sangat efektif, karena di situ anak-anak bermain bersama, ada kebersamaan, ada kohesivitas sosial, ada kejujuran, ada sportifitas, sekaligus melatih kreatifitas anak-anak," tambah Idrus.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close