Massa Aksi 299 Tolak Perppu Ormas dan PKI, Fadli Zon: Apa pun Tuntutannya Sah-Sah Saja


Lia Cikita 2017-09-28 21:46:36 Nasional 28 kali

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan, massa aksi 299 yang menuntut Perppu Nomor 2 Tahun 2017 (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan, massa aksi 299 yang menuntut Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) dibatalkan dan menolak kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) harus dihormati. Ia melihat bahwa setiap tuntutan atau aspirasi masyarakat merupakan hak konstitusional warga negara.

"Apapun tuntutannya sah-sah saja," ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Fadli memahami tuntutan massa aksi agar Perppu Ormas bisa ditolak DPR, karena memang hingga kini perppu tersebut belum diundang-undangkan. Sementara DPR hanya berada pada posisi untuk menerima atau menolak perppu tersebut.

Sementara untuk tuntutan kedua, yakni menolak kebangkitan PKI, menurut Fadli juga sah karena sampai saat ini ada perbedaan pandangan di tengah masyarakat dalam menyikapi hal tersebut. Bahkan, kata dia, ada pihak yang mencoba membelokan fakta dari sejarah yang ada terkait PKI.

Sehingga kekhawatiran masyarakat atas bangkitnya PKI dianggap wajar oleh Fadli. Terlebih masih hidupnya sejumlah pelaku sejarah yang berafiliasi langsung dengan PKI.

"Sekarang kan pelaku sejarahnya masih ada. Dari kalangan eks PKI masih ada, anti-PKI, hingga angkatan (militer) tahun 1966 masih banyak," tutur Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap, aksi unjuk rasa yang akan berlangsung pada besok, Jumat 29 September dilakukan dengan tertib dan menghindari anarkisme sehingga tak mengganggu masyarakat lainnya.

"Kita harap aksinya damai dan tertib dan tidak ganggu masyarakat yang yang lain dan kalau ada delegasi yang lain yang mau menyampaikan tuntutan aksi atau yang lain atau pernyataan tentu nanti akan kita terima," pungkas Fadli.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close