Pemkab Ogan Ilir Raih Penghargaan WTP dari BPK


Junaedi Abdillah 2017-05-27 15:23:48 Ogan Ilir 77 kali

Plt Bupati OI HM Ilyas Panji Alam bersama Wakil Ketua DPRD OI, Wahyudi saat menerima penghargaan WTP dari BPK . (foto : istimewa)

Palembang, Kabar28.com,- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumsel.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, Maman Abdulrahman kepada Plt Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam, Jumat (26/5), di Kantor BPK RI Palembang.

Penghargaan tersebut didapat terkait pengelolaan keuangan yang berkat kerja keras Plt Bupati OI HM Ilyas Panji Alam didukung oleh Sekda beserta jajaran SKPD Pemkab OI.

Penyerahan penghargaan WTP untuk Pemkab OI berbarengan juga dengan Pemerintah kabupaten/kota lainnya di Sumsel penerima opini WTP, seperti Pagaralam dan Prabumulih dan disaksikan Anggota tim 5 BPK RI Isma Yatun, Wakil Ketua DPRD OI Wahyudi ST, Sekda OI H Herman SH, dan sejumlah SKPD OI lainnya.

Isma Yatun anggota Tim 5 BPK RI, mengatakan hasil laporan pemeriksaan keuangan pemerintah daerah TA 2016 oleh BPK RI, mengapresiasi kepada Pemkab OI dan DPRD OI yang sama-sama berkomitmen atas anggaran yang transparan dan akuntabel.

Menurutnya, sesuai aturan pemeriksaan APBD atas Pemda adalah kewajiban BPK, dan laporan keuangan daerah yang telah diaudit oleh BPK selanjutnya disahkan menjadi peraturah daerah.

"Pada Tahun 2016 ini adalah tahun ke dua akuntansi berbasis aktual. Pemeriksaan mendalam untuk pemberiaan opini WTP adalah pemeriksaan pernyataan profesional. Dan untuk Kabupaten OI BPK RI memberikan opini WTP, sama seperti kota Prabumulih dan Pagaralam," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati OI HM Ilyas Panji Alam mengatakan apa yang diraih Pemkab OI berkat usaha keras seluruh pihak. “Kita berhasil meraih opini WTP yang pertama kali semenjak kepemimpinan saya bersama jajaran dan hal ini adalah suprise serta syukur yang patut dipertahankan. Saya ucapkan terima kasih atas arahan bimbingan dari BPK Sumsel dan kinerja seluruh SKPD OI," ungkapnya.***(Nik)

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close