HMPTI Gelar Seminar Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman


Junaedi Abdillah 2017-04-21 08:35:20 Ogan Ilir 139 kali

Seminar Nasional bertajuk "Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan" pada Selasa, 18 April 2017 di Student Center, Unsri Indralaya. (foto : oldie)

Indralaya, Kabar28.com,- Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMAPRO) Universitas Sriwijaya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perlindungan Tanaman Indonesia (HMPTI) berhasil menyelenggarakan agenda Seminar Nasional bertajuk "Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan" pada Selasa, 18 April 2017 di Student Center, Unsri Indralaya.

Kegiatan ini diikuti 10 Universitas se-Indonesia, seperti Universitas Lampung Mangkurat, Universitas Andalas, Universitas Islam Makassar, Universitas Lampung, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Jambi, Universitas Hasanudin dan Universitas Sriwijaya serta ratusan peserta dari Universitas Sriwijaya, instansi dan umum.

Rizka Pratiwi Utami, Ketua Pelaksana acara ini menjelaskan bahwa, kegiatan Seminar Nasional ini merupakan bagian dari agenda Selaras Sriwijaya 2017 yang akan dilaksanakan mulai dari 18-22 April 2017. "Jadi sebetulnya kita sedang ada 3 rangkain agenda besar, yakni Seminar Nasional, Latihan Kepemimpinan dan Keprofesian serta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Nah semua kegiatan itu dirangkum dalam kegiatan Selaras Sriwijaya 2017," jelas Rizka kepada Kabar28.

Adapun latar belakang terbentuknya acara ini adalah hasil dari Musyawarah Besar di Universitas Padjajaran pada November 2016. Agenda ini merupakan bentuk bangkitnya kembali HMPTI yang telah lama vacum sejak tahun 2009.

Lain halnya dengan Muhammad Sabir, Ketua Umum HMPTI menuturkan, tujuan dari terbentuknya kegiatan ini adalah sebagai bentuk perwujudan dari tujuan dan fungsi HMPTI. Sebagai organisasi profesi skala nasional selayaknya HMPTI berfungsi untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa perlindungan tanaman yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun keynote speaker yang akan mengisi Seminar Nasional ini yakni, Dr Ir Antarjo Dikin M Sc ( Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati), Prof Dr Ir Siti Herlinda M Si (Guru Besar HPT FP Unsri), Ir Kemas Arfani Rahman (Kepala Dinas Pertanian Bangka Provinsi Kep Bangka Belitung) dan Dr. Bandung Sahari (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI)). Selanjutnya seminar ini dipandu oleh Dr Ir Suwandi M Agr dan Dr Ir Yulia Pujiastuti M S.

Annisa Azura, salah satu peserta seminar mengungkapkan sangat tertarik dan sangat bangga menjadi salah satu peserta acara seminar ini. " Yang pertama itu tertarik pada keynote speakernya sih, makanya akhirnya mau beli tiket acaranya," ujar Nisa Kepada Kabar28 disela kegiatan berlangsung

Diakhir wawancara Rizka berharap agar nantinya para peserta seminar yang terdiri dari peserta umum/instansi, delegasi yang terhimpun dalam HMPTI serta mahasiswa Unsri yang mengikuti Seminar Nasional ini akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengetahuan yang baru. Kemudian Rizka mengucapkan banyak terima kasih kepada para panitia yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses," paparnya. (oldie)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close