H-4 Lebaran, Pertamina Kerahkan Lebih dari 1.456 Unit Mobil Tanki


Mutiara Safitri 2017-06-21 15:14:13 Ekonomi 270 kali

PT Pertamina Patra Niaga (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  H-4 jelang Lebaran, PT Pertamina Patra Niaga (PPN) yang ditugaskan mengelola penyaluran (distribusi) bahan bakar minyak (BBM), menyiapkan lebih dari 1.456 unit mobil tanki yang tersebar di 24 terminal BBM. Di mana realisasi penyaluran BBM dipastikan aman melebihi target rata-rata harian.

"Hal ini tidak lepas dari peran Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk berbagai daerah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Sulawesi, untuk menjamin kelancaran distribusi BBM khususnya selama bulan puasa hingga pasca Idul Fitri," ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Rudy Permana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6/2017).

Dia menuturkan PPN bekerja sama dengan beberapa Perusahaan Pemborong Pekerjaan Pengangkutan (4P) sebagai Mitra Kerja untuk melaksanakan Pekerjaan Pengangkutan BBM dari Terminal BBM milik Pertamina ke seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Dalam kerja sama tersebut PPN menegaskan para perusahaan 4P untuk mengutamakan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) selama karyawannya ditugaskan sebagai awak mobil tanki (AMT). Sebagai perusahaan dengan sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan Transportasi Darat (SMKTD) dari Kementerian Perhubungan, PPN berupaya mengutamakan “zero fatality” dalam kegiatan operasional penyaluran di mana pun tujuan distribusinya.

Rudy menjelaskan, khusus pada Ramadan sampai dengan pasca Idul Fitri (H+10) telah dikerahkan lebih dari  1.203 orang AMT oleh para Mitra Kerja, melebihi kebutuhan harian normal 1.190 orang.

"Sepanjang hari Senin (19/6) dan Selasa (20/6), PPN bersama Mitra Kerja telah berhasil melayani distribusi BBM dengan rute pengiriman Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur secara aman dan lancar sesuai waktu yang di rencanakan," imbuhnya.

Dia memaparkan di Terminal BBM Tanjung Gerem tercatat peningkatan realisasi penyaluran hingga 8,4% dari target normal dan didukung oleh  163 AMT; Terminal BBM Cikampek meningkat 28,3% didukung oleh 262 AMT; Terminal BBM Padalarang meningkat 15,8% didukung oleh 116 AMT; Terminal BBM Ujung Berung meningkat 12,5% didukung oleh 282 AMT; Terminal BBM Tasikmalaya meningkat 25,3% didukung oleh 83 AMT; Terminal BBM Tegal meningkat 25,3% didukung  oleh 78 AMT; dan  Terminal BBM Surabaya Group  meningkat 11,9% didukung oleh 394 AMT.

"Capaian tersebut membuktikan komitmen para perusahaan 4P sebagai Mitra Kerja kepada PPN, serta komitmen PPN kepada induk perusahaan, PT Pertamina," terangnya.

Dukungan lain yang dipersiapkan PPN adalah dengan melakukan pengawasan kinerja secara ketat terhadap karyawan Mitra Kerja yang bertugas sebagai AMT di seluruh area operasi distribusi. PPN mengedepankan kesiapan AMT untuk dapat mendistribusikan BBM dengan lancar, antara lain lewat sarana dan fasilitas di sejumlah Terminal BBM di Pulau Jawa  yang telah dilengkapi Wisma AMT sebagai tempat beristirahat sebelum dan sesudah jadwal kerja. Selain itu di setiap Terminal BBM terdapat juga fasilitas pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi  AMT  sebelum menjalani tugasnya (Fit to Work).

"Khusus di jalur padat mudik, PPN mendukung program Pertamina dengan menyediakan mobile storage BBM, yaitu mobil tanki yang telah dilengkapi flow meter untuk antisipasi kemacetan di SPBU, mulai tanggal 23 Juni hingga 2 Juli 2017," tandas Rudy.

Sumber : sindonews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close