Pansus DPR: Tembok Sel Napi Teroris akan Pakai Beton


Lia Cikita 2018-05-19 18:38:22 Nasional 29 kali

Ilustrasi

Jakarta, Kabar28.com - Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Antiterorisme, Supiadin Aries Saputra, mengatakan akan ada sel khusus untuk para narapidana terorisme (napiter). Para napiter juga akan dipisah-pisah.

"Nanti akan dibahas napi teroris itu dimasukkan satu orang, satu sel, tidak digabung," kata Supiadin di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5/2018).

Selain sistem satu sel diisi satu napiter, Supiadin ingin dinding sekeliling sel dibangun dari beton. Pasalnya, jelas dia, napi berpotensi merusak dinding dan melakukan hal-hal buruk jika menggunakan batu bata.

"Lalu tembok selnya menggunakan beton coran, karena kalau bata bisa dikorek-korek," lanjut dia.

Kemudian dia berpendapat perlu adanya sistem perputaran napiter dari satu lapas ke lapas lain. Hal itu bertujuan meminimalkan upaya konsolidasi antarnapi.

"Dan sistem rolling, jadi tiap tiga bulan sekali, misalnya, si napi dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Supaya apa? Supaya mereka tidak bisa berkumpul, berkonsolidasi merencanakan hal-hal yang radikal," jelas Supiadin

Kerusuhan di Rutan Salemba cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pecah setelah 155 napiter melakukan pemberontakan dari dalam rutan. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (8/5) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Kerusuhan baru selesai pada Kamis (10/5) pagi, setelah aparat memberikan ultimatum agar para napiter menyerah dan menghentikan pemberontakan. Sebanyak 155 napiter kemudian dipindahkan dari Rutan Salemba cabang Mako Brimob. Mayoritas dari mereka dipindahkan ke Nusakambangan. 

Sumber:detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close