Menteri Jonan Pantau Lokasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Arus di NTT


Lia Cikita 2018-03-30 17:04:19 Nasional 34 kali

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto : istimewa)

Kupang, Kabar28.com,  - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dijadwalkan melakukan pemantauan Pembangkit Listri Tenaga Arus Gonzalu di Larantuka Kabupaten Flores Timur yang akan dijadikan lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga arus.

"Ya pemantauan lokasi dilakukan setelah Pak Menteri Jonan mengikuti Prosesi Jumat Agung di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur hari ini," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi NTT Semuel Pakereng di Kupang, Jumat (30/3/2018).

Menurut dia sebelum melakukan pemantauan ke lokasi arus Gonzalu di selat yang membela Pulau Flores di Kabupaten Flores Timur dan Pulau Adonara itu, bekas Menteri Perhubungan itu akab mengikuti Prosesi Jumat Agung di Larantuka, ibu kota Kabuparen Florea Timur sebagai peringatan akan sengsara dan deraan Yesus Kristus sebelum wafat di Kayu Salib.

"Sesuai rencana Pak Jonan akan bersama sang istri Ratnawati Setyadi, menghadiri prosesi Jumat Agung tersebut," katanya. Selain Menteri Jonan dan istri, juga turut dalam rombongan adalah Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana.

Prosesi Jumat Agung merupakan tradisi peninggalan Portugis yang berlangsung sejak 500 tahun lampau, saat bangsa itu menyebarkan agama Nasrasi dan berdagang cendana di Kepulauan Solor.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya kata Semuel akan mendampingi rombongan Menteri ESDM sampai selesainya Prosesi Jumat Agung di Kota Reinha Rosari Larantuka itu.

Arus laut selat Gonzalu, diprediksi bisa menghasilkan listrik 200 MW, yang tentu bisa menyumbangkan target upaya pemenuhan listrik warga. Menurut Menteri Jonan, arus Gonzalu memiliki potensi besar dalam pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close