Sumsel Bakal Jadi Pionir Energi Biomassa


Arie Perdana Putra 2018-01-18 17:25:02 Palembang 127 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Badan Restorasi Gambut (BRG) RI dan CIRAD Agricultural Research for Development Prancis (Lembaga penelitian Prancis) dalam waktu dekat akan melakukan kerjasama potensi pemanfaatan energi biomassa melalui pemanfaatan lahan gambut dan limbah pertanian di Provinsi Sumsel.

Gubernur Provinsi Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik pemanfaatan energi biomassa tersebut. Pasalanya Sumsel sendiri memiliki lahan gambut hampir 1,4 juta hektare yang sebagian besar belum termanfaatkan secara optimal.

"Project tersebut akan memberikan banyak manfaat baik dalam upaya restorasi lahan gambut juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani di Sumsel. Selain itu, sebagai upaya mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Nazir Foead mengatakan, lembaga penelitian CIRAD Prancis sebelumnya telah melakukan penelitian potensi pemanfaatan energi biomassa di lahan gambut dan lahan mineral yang berlokasi dikawasan Kabupaten OKI.

"Hasil dari penelitian itu lah yang dibahas bersama Pemerintah Provinsi Sumsel agar segera dapat di tindak lanjuti sebagai project percontohan energi biomassa dan pemanfaatan lahan gambut yang cocok untuk dibudidayakan di wilayah Sumsel," ujarnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close